EKSTRAKULIKULER

EKSTRAKULIKULER SMKN 6 KOTA TANGERANG SELATAN

  1. PENDAHULUAN

Guna meningkatkan minat dan bakat peserta didik, khususnya peserta didik SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, maka perlu diadakannya suatu kegiatan di luar jam pelajaran yang mengarahkan pada minat dan bakat peserta didik tersebut. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan ekstrakurikuler.

Kegiatan ekstrakurikuler ini selain merupakan kegiatan rutinitas sekolah diluar jam pelajaran, juga merupakan ajang penggemblengan peserta didik didik sesuai minat dan bakat peserta didik masing-masing tanpa tekanan, namun bersifat sukarela. Sekolah memiliki misi yang seimbang antrara akademik dan non akademik. Bidang akademik mengharapkan ketuntasan  pembelajaran sementara non akademik sekolah mempunyai target berkembangnya bakat pribadi peserta didik serta mampu bersaing dalam lomba-lomba non akademik antar SMK minimal sampai tingkat kota Tangerang Selatan.

Dari uraian diatas maka SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan memiliki program kegiatan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan minat dan bakat  peserta didik serta sesuai dengan agenda kegiatan lomba non Akademik khususnya Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan.

  • DASAR

Adapun yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan adalah sebagai berikut :

  1. LANDASAN HUKUM DAN DASAR HUKUM
  1. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0461/U/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan
  2. Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah No. 226/6/Kep./O/1992, tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan.
  3. Perwal Kota Tangerang Selatan, tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Kota Tangerang Selatan
  4. Visi dan Misi SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan
  5. TUJUAN DAN FUNGSI

1.      Tujuan

Tujuan dari pelaksanaan ekstrakurikuler menurut Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (1987:9) adalah;

a)     Meningkatkan kemampuan siswa beraspek kognitif, efektif dan psikomotor.

b)     Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.

c)     Dapat mengetahui, mengenal serta membedakan antara hubungan satu pelajaran dengan mata pelajaran lainnya.

Lebih lanjut Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (1987:12), menegaskan bahwa ruang lingkup kegiatan ekstrakurikuler harus berpangkal pada kegiatan yang dapat menunjang serta dapat mendukung program intrakurikuler dan program kurikuler.

2.      Fungsi

Fungsi dari kegiatan ekstrakurikuler dalam satuan pendidikan adalah:

a)   Fungsi pengembangan, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.

b)   Fungsi sosial, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta  didik. Kompetensi sosial dikembangkan dengan memberikan kesempatan kepada         peserta didik    untuk memperluas pengalaman sosial, praktek keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.

c)    Fungsi rekreatif, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rileks, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.

d)     Fungsi persiapan karir, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas.

  • JENIS EKSTRAKURIKULER

Macam-macam kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :

NONAMA EKSTRAKURIKULERTUJUAN DAN SASARAN
1PRAMUKAMenunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan
2PASKIBRAMengusahakan dan memantapkan pelaksanaan upacara di sekolah agar dapat berjalan dengan aman tertib, aman dan lancer serta tercapainya tujuan sekolah sebagai sekolah berwawasan ahlakul karimah
3FutsalWadah untuk peserta didik menyalurkan hobi dan membangun kebersamaan dalam sebuah tim, sehingga diharapkan peserta didik  memilik sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat kota, provinsi maupun nasional. Diharapkan peserta didik mempunyai kondisi jasmani yang sehat, kuat dan tidak mudah sakit.
4Bola VollyWadah untuk peserta didik menyalurkan hobi dan membangun kebersamaan dalam sebuah tim, sehingga diharapkan peserta didik  memilik sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat kota, provinsi maupun nasional. Diharapkan peserta didik mempunyai kondisi jasmani yang sehat, kuat dan tidak mudah sakit.
5Bola BasketWadah untuk peserta didik menyalurkan hobi dan membangun kebersamaan dalam sebuah tim, sehingga diharapkan peserta didik  memilik sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat kota, provinsi maupun nasional. Diharapkan peserta didik mempunyai kondisi jasmani yang sehat, kuat dan tidak mudah sakit.
6Pencak SilatWadah untuk peserta didik menyalurkan hobi dan membangun rasa percaya diri dan skill yang tinggi, sehingga diharapkan peserta didik  memilik sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat kota, provinsi maupun nasional. Diharapkan peserta didik mempunyai kondisi jasmani yang sehat, kuat dan tidak mudah sakit.  
7TeaterMencerdaskan kehidupan bangsa dan melestarikan budaya bangsa, dengan cara memadukan unsur-unsur seni teater tradisi dan seni teater modern, menjadikan Indonesia sebagai budaya yang luhur
8Paduan SuaraSebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang seni musik. Mengarahkan potensi peserta didik agar dapat mengikuti kompetisi band tingkat kota, provinsi, maupun nasional
9RohisSebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang kerohanian. Mengarahkan potensi peserta didik agar dapat lebih bertaqwa kepada Allah SWT.
  10  MarawisSebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang kerohanian. Mengarahkan potensi peserta didik agar dapat mengenal budaya islam dan kesenian dalam islam.
11Saince ClubSebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang Saince. Mengarahkan potensi peserta didik agar mampu berfikir sistematis, kreatif dan inovatif, sebagai bekal dalam kehidupan sehari-hari.
12SIVICI PICTURESebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang Perfilm. Mengarahkan potensi peserta didik agar dapat mengenal dunia kerja yang berkaitan dengan perfilman.
13KeputrianSebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang hal-hal yang berkaitan dengan keputrian.. Mengarahkan potensi peserta didik agar dapat membimbing dan memperkenalkan Kegiatan, Kedudukan ,Hak ,Akhlak dan pribadi seorang perempuan.
14KarateWadah untuk peserta didik menyalurkan hobi dan membangun rasa percaya diri dan skill yang tinggi, sehingga diharapkan peserta didik  memilik sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat kota, provinsi maupun nasional. Diharapkan peserta didik mempunyai kondisi jasmani yang sehat, kuat dan tidak mudah sakit.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *