EKSTRAKULIKULER SMKN 6 KOTA TANGERANG SELATAN
- PENDAHULUAN
Guna meningkatkan minat dan bakat peserta didik, khususnya peserta didik SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, maka perlu diadakannya suatu kegiatan di luar jam pelajaran yang mengarahkan pada minat dan bakat peserta didik tersebut. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan ekstrakurikuler ini selain merupakan kegiatan rutinitas sekolah diluar jam pelajaran, juga merupakan ajang penggemblengan peserta didik didik sesuai minat dan bakat peserta didik masing-masing tanpa tekanan, namun bersifat sukarela. Sekolah memiliki misi yang seimbang antrara akademik dan non akademik. Bidang akademik mengharapkan ketuntasan pembelajaran sementara non akademik sekolah mempunyai target berkembangnya bakat pribadi peserta didik serta mampu bersaing dalam lomba-lomba non akademik antar SMK minimal sampai tingkat kota Tangerang Selatan.
Dari uraian diatas maka SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan memiliki program kegiatan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik serta sesuai dengan agenda kegiatan lomba non Akademik khususnya Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan.
- DASAR
Adapun yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan adalah sebagai berikut :
- LANDASAN HUKUM DAN DASAR HUKUM
- Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0461/U/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan
- Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah No. 226/6/Kep./O/1992, tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan.
- Perwal Kota Tangerang Selatan, tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Kota Tangerang Selatan
- Visi dan Misi SMK Negeri 6 Kota Tangerang Selatan
- TUJUAN DAN FUNGSI
1. Tujuan
Tujuan dari pelaksanaan ekstrakurikuler menurut Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (1987:9) adalah;
a) Meningkatkan kemampuan siswa beraspek kognitif, efektif dan psikomotor.
b) Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.
c) Dapat mengetahui, mengenal serta membedakan antara hubungan satu pelajaran dengan mata pelajaran lainnya.
Lebih lanjut Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (1987:12), menegaskan bahwa ruang lingkup kegiatan ekstrakurikuler harus berpangkal pada kegiatan yang dapat menunjang serta dapat mendukung program intrakurikuler dan program kurikuler.
2. Fungsi
Fungsi dari kegiatan ekstrakurikuler dalam satuan pendidikan adalah:
a) Fungsi pengembangan, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.
b) Fungsi sosial, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik. Kompetensi sosial dikembangkan dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktek keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.
c) Fungsi rekreatif, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rileks, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.
d) Fungsi persiapan karir, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas.
- JENIS EKSTRAKURIKULER
Macam-macam kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :
NO | NAMA EKSTRAKURIKULER | TUJUAN DAN SASARAN |
1 | PRAMUKA | Menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan |
2 | PASKIBRA | Mengusahakan dan memantapkan pelaksanaan upacara di sekolah agar dapat berjalan dengan aman tertib, aman dan lancer serta tercapainya tujuan sekolah sebagai sekolah berwawasan ahlakul karimah |
3 | Futsal | Wadah untuk peserta didik menyalurkan hobi dan membangun kebersamaan dalam sebuah tim, sehingga diharapkan peserta didik memilik sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat kota, provinsi maupun nasional. Diharapkan peserta didik mempunyai kondisi jasmani yang sehat, kuat dan tidak mudah sakit. |
4 | Bola Volly | Wadah untuk peserta didik menyalurkan hobi dan membangun kebersamaan dalam sebuah tim, sehingga diharapkan peserta didik memilik sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat kota, provinsi maupun nasional. Diharapkan peserta didik mempunyai kondisi jasmani yang sehat, kuat dan tidak mudah sakit. |
5 | Bola Basket | Wadah untuk peserta didik menyalurkan hobi dan membangun kebersamaan dalam sebuah tim, sehingga diharapkan peserta didik memilik sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat kota, provinsi maupun nasional. Diharapkan peserta didik mempunyai kondisi jasmani yang sehat, kuat dan tidak mudah sakit. |
6 | Pencak Silat | Wadah untuk peserta didik menyalurkan hobi dan membangun rasa percaya diri dan skill yang tinggi, sehingga diharapkan peserta didik memilik sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat kota, provinsi maupun nasional. Diharapkan peserta didik mempunyai kondisi jasmani yang sehat, kuat dan tidak mudah sakit. |
7 | Teater | Mencerdaskan kehidupan bangsa dan melestarikan budaya bangsa, dengan cara memadukan unsur-unsur seni teater tradisi dan seni teater modern, menjadikan Indonesia sebagai budaya yang luhur |
8 | Paduan Suara | Sebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang seni musik. Mengarahkan potensi peserta didik agar dapat mengikuti kompetisi band tingkat kota, provinsi, maupun nasional |
9 | Rohis | Sebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang kerohanian. Mengarahkan potensi peserta didik agar dapat lebih bertaqwa kepada Allah SWT. |
10 | Marawis | Sebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang kerohanian. Mengarahkan potensi peserta didik agar dapat mengenal budaya islam dan kesenian dalam islam. |
11 | Saince Club | Sebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang Saince. Mengarahkan potensi peserta didik agar mampu berfikir sistematis, kreatif dan inovatif, sebagai bekal dalam kehidupan sehari-hari. |
12 | SIVICI PICTURE | Sebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang Perfilm. Mengarahkan potensi peserta didik agar dapat mengenal dunia kerja yang berkaitan dengan perfilman. |
13 | Keputrian | Sebagai wadah peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakat dalam bidang hal-hal yang berkaitan dengan keputrian.. Mengarahkan potensi peserta didik agar dapat membimbing dan memperkenalkan Kegiatan, Kedudukan ,Hak ,Akhlak dan pribadi seorang perempuan. |
14 | Karate | Wadah untuk peserta didik menyalurkan hobi dan membangun rasa percaya diri dan skill yang tinggi, sehingga diharapkan peserta didik memilik sifat-sifat sportifitas serta mencetak bibit-bibit baru olahragawan yang berprestasi di tingkat kota, provinsi maupun nasional. Diharapkan peserta didik mempunyai kondisi jasmani yang sehat, kuat dan tidak mudah sakit. |